Bank Zakat

Mengenal Zakat Perusahaan dan Cara Menghitungnya

Sahabat, dalam Islam zakat terbagi menjadi dua yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Tentu sahabat tidak asing dengan zakat fitrah yang dikeluarkan setiap bulan Ramadhan. Sedangkan zakat mal atau zakat harta merupakan zakat yang harus dikeluarkan setiap muslim atas harta yang dimiliki dengan memenuhi syarat haul, nishab atau kadar minimal zakat. Dan zakat mal sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, salah satunya adalah zakat Perusahaan. Pada kesempatan kali ini LAZNAS Al Irsyad mengajak sahabat semua untuk bersama mengenal tentang zakat Perusahaan dan hukumnya. 


Zakat adalah suatu kewajiban keagamaan dalam Islam, dan dalam konteks Perusahaan, zakat Perusahaan mengacu pada kewajiban Perusahaan untuk membayar zakat sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam hukum Islam. Zakat Perusahaan dikenakan pada kekayaan Perusahaan yang telah mencapai nishab dan haul. 


Zakat Perusahaan dapat dikenakan pada berbagai asset Perusahaan, seperti keuntungan, modal, dan asset produktif lainnya. Persyaratan dan perhitungan zakat Perusahaan dapat bervariasi berdasarkan intrepretasi hukum Islam yang dianut dalam suatu negara. 


Namun sahabat, zakat Perusahaan di dalam fikih muamalah tidak dijelaskan secara khusus. Akan tetapi, landasan hukum zakat  pada Perusahaan ini terdapat pada nash-nash yang bersifat umum. Yusuf Qardawi salah satu ulama menganalogikan zakat Perusahaan sebagai zakat perdagangan, sedangkan pendapat lain mengatakan bahwa zakat Perusahaan yang dikaitkan dengan kewajiban zakat adalah Perusahaan dengan produk halal serta dimiliki oleh seorang muslim. 


Pembayaran zakat perusahan biasanya dihitung sebagai presentase tertentu dari kekayaan Perusahaan yang mencapai nishab. Prosedur dan persyaratan untuk menghitung dan membayar zakat Perusahaan dapat berbeda antar negara dan mazhab (aliran) hukum Islam biasanya harus memahami dan memahami ketentuan yang berlaku di negara tersebut.


Sahabat, pada intinya harta yang dibayarkan haruslah mencapai nishab, lebih dari kebutuhan pokok, bebas dari hutang, dan menjadi milih penuh pemiliknya. Akan tetapi, jika muzakki adalah suatu Lembaga dengan berbagai klasifikasi asset, kewajiban, dan kegiatan usaha, maka metode perhitungan zakat yang digunakan pun menjadi dengan tujuan menghasilkan angka pembayaran zakat yang optimal. 


Adapun metode perhitungan zakat Perusahaan pada dasarnya didasari dari ayat Al-Qur’an, yang salah satunya dicantumkan dalam surah Al-Baqarah : 267 

Artinya : “Hai orang-orangyang beriman, keluarkanlah Sebagian hasil usaha yang kalian peroleh dari Sebagian hasil bumi yang kami keluarkan untuk kalian.” 


Kemudian pendapat dari Imam  Al-Zaila menyatakan “Dan barang-barang dagangan yang telah mencapai nishab emas, zakatnya 2,5%. Berikut cara menghitung zakat Perusahaan : 

2,5 % x (asset lancer-hutang jangka pendek) 

Contoh : 

Perusahan A memiliki asset usaha senilai Rp. 2.000.000.000, dengan hutang jangka pendek senilai Rp. 500.000.000, jika harga emas saat ini Rp. 622.000,/gram, maka nishab zakat senilai Rp. 58.870.000.- Sehingga Perusahaan A sudah wajib zakat atas perusahaannya. Zakat Perusahaan yang perlu ditunaikan sebesar 2,5 % x (Rp. 2000.000.000 – Rp. 500.000.000) = Rp. 37. 500.000. 


Sahabat, perlu untuk dicatat bahwa zakat Perusahaan adalah bagian dari konsep lebih luas tentang tanggung jawab sosial Perusahaan dalam Islam, yang menekankan pentingnya Perusahaan untuk memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan mematuhi prinsip-prinsip etika Islam dalam operasional bisnisnya. 

Itu tadi penjelasan singkat tentang zakat Perusahaan, hukum dan cara menghitungny. Semoga sahabat dpaat menambah wawasan kita semua. Bagi sahabat yang masih bingung untuk menunaikan zakat Perusahaan dimana, Tenang sahabat karena LAZNAS Al Irsyad siap membantu menghitung zakat perusahaanmu. Jadi? Tunggu apalagi, segera tunaikan zakatmu melalui LAZNAS Al Irsyad. 

Bank Zakat merupakan media yang di kelola oleh LAZNAS Al-Irsyad
untuk memberikan edukasi seputar zakat dan filantropi islam

Alamat Kantor

Jl. Kalibata Utara II No.84 RT. 010 RW.002 Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan DKI Jakarta Raya 12740

Jalan H. Madrani No.1, Brubahan, Grendeng, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53122

Kirim Pesan
BankZakat
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh, Semoga Anda selalu dalam kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT. Afwan apakah ada yang bisa kami bantu?