Bank Zakat

Zakat, Perintah Allah SWT Sejak Zaman Nabi Ibrahim AS

Sahabat LAZNAS Al Irsyad, zakat merupakan salah satu kewajiban yang disyaritkan untuk ditunaikan oleh setiap ummat muslim di dunia. Tapi tahukah sahabat, bahwa perintu berzakat sudah ada sejak Nabi Ibrahim AS? Dilansir dari buku zakat Islam kewajibam berzakat sudah diperintahkan kepada para nabi dan rasuk terdahulu diantaranya Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS. 

 

Tidak hanya Nabi Ibrahim AS, pada masa Bani Israil atau ummat Nabi Musa AS, perintah menunaikan zakat sudah ada, hal ini menjadi kewajiban bagi seluruh ummat saat itu. Dan dalam Al-Qur’an disebutkan bahwa Allah SWT mensyaritkan zakat kepada Nabi Ibrahim AS kemudian dilanjutkan kepada keturunannya.

  1. Zakat Pada Masa Nabi Ibrahim AS Sejarah zakat pada masa Nabi Ibrahim AS dijelaskan langsung dalam surah Al-Anbiya dimana Allah SWT berfirman : Artinya : “Dan kami menganugerahkan kepadanya (Ibrahim), Ishak dan Ya’qub sebagai suatu anugerah. Dan masing-masing kami jadikan orang yang saleh. Dan kami menjadikan mereka itu sebagai pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah kami, dan kami wahyukan kepada mereka agar berbuat kebaikan, melaksanakan shalat, menunaikan zakat, dan hanya kepada kami mereka menyembah”. (QS Al Anbiya 72-73).  
  2. Zakat Pada Masa Nabi Ismail AS Menunaikan zakat telah diperintahkan pula pada zaman Nabi Ismail AS, hal ini tertuang dalam firman Allah SWT :  Artinya : “Dan ceritakanlah (hai Muhammad kepada mereka)  kisah Ismail (yang tersebut) di dalam Al-Qur’an. Sesungguhnya ia adalah seseorang yang benar janjinya, dan dia adalah seorang Rasul dan Nabi. Dan ia menyuruh keluarganya untuk sholat dan menunaikan zakat, dan ia adalah seseorang yang diridhai di sisi TuhanNya.” (QS Maryam : 54-55) 
  3. Nabi Musa AS, Kaum Yahudi, dan Bani Israil 

    Allah SWT turut memerintahkan kepada Nabi Musa AS, kaum Yahudi, dan Bani Israil untuk menunaikan zakat. Zakat dijadikan sebagai salah satu isi dalam perjanjian yang mengikat mereka dengan Allah SWT. Hal tersebut tertuang dalam firman Allah pada Al-Qur’an Surah Al Baqarah dan surah Al Maidah, Allah SWT berfirman : 

    Artinya : “Dan (ingatlah) Ketika kamu mengambil janji dari Bani Israil (yaitu) janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat baiklah kepada Ibu Bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang  miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah sholat dan tunaikan zakat, kemudian kami tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling.” (Al Baqarah : 83) 

    Selanjutnya dalam surah Al Maidah ayat 12 Allah SWT berfirman : 

    Artinya “Dan sesungguhnya Allah telah mengambil perjanjian (dari) Bani Israil dan telah kami angkat diantara mereka 12 orang pemimpin dan Allah berfirman “Sesungguhnya Allah beserta kamu, sesungguhnya jika kamu mendirikan sholat dan menunaikan zakat serta beriman kepada rasul-rasulKu dan kamu bantu mereka dan kamu pinjamkan kepada Allah pinjaman yang baik sesungguhnya kamu akan kumasukkan ke dalam surga yang mengalir di dalamnya Sungai-sungai. Maka barangsiapa yang kafir di antaramu sesudah itu, sesungguhnya ia telah tersesat  dari jalan yang lurus.” (QS Al Maidah : 5)

  4. Umat Nabi Isa AS

    Umat Nabi Isa AS turut diperintahkan oleh Allah SWT untuk menunaikan zakat seperti yang tertuang dalam Al Qur’an pada surah Maryam ayat 31 : 

    Artinya : “Dan dia menjadikanku aku seseorang yang diberkati dimana saja aku berada, dan dia memerintahkan kepadaku (mendirikan) sholat dan (menunaikan) zakat selama aku hidup.” (QS Maryam 31) 

     

Sahabat penjelasan diatas merupakan perintah menunaikan zakat yang telah ada sejak jaman Nabi Ibrahim AS, hal ini dibuktikan dengan firman-firman Allah SWT yang tertuang dalam Al-Qur’an. Bagi kita yang diberi ataupun dititipkan harta dari Allah SWT dan mencapai nishab dan haul sudah seharusnya untk menunaikan zakat. Sahabat yang ingin menenuaikan zakat, LAZNAS Al Irsyad siap membantu sahabat semua baik mengelola dan mendistribusikan zakatmu. Jadi? Tunggu apalagi, segera tunaikan zakatmu melalui LAZNAS Al Irsyad.

Bank Zakat merupakan media yang di kelola oleh LAZNAS Al-Irsyad
untuk memberikan edukasi seputar zakat dan filantropi islam

Alamat Kantor

Jl. Kalibata Utara II No.84 RT. 010 RW.002 Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan DKI Jakarta Raya 12740

Jalan H. Madrani No.1, Brubahan, Grendeng, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53122

Kirim Pesan
BankZakat
Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh, Semoga Anda selalu dalam kebaikan dan keberkahan dari Allah SWT. Afwan apakah ada yang bisa kami bantu?